-->

Wisata Gua Lowo Desa Godo Winong


Gua Lowo atau gua Kelelawar terletak di desa Godo kecamatan Winong Kabupaten Pati bagian selatan,gua ini bagian dari pegunungan kapur yang bernama pegunungan Kendeng.

Di namakan gua Lowo yang berasal dari bahasa Jawa bahwa Lowo adalah hewan  kelelawar,yang banyak menghuni gua ini,sehingga bila anda berkunjung atau masuk ke gua ini,akan mendapati bau yang menyengat dari bau kotoran kelelawar.

Gua ini seperti gua-gua lainnya di daerah Pati,yaitu terbentuk dari batu kapur putih yang keras,yang di dalamnya terdapat stalagtit dan stalagmit.Kalau kita masuk ke dalam gua ini,mempunyai kedalaman sekira 20 meter dan makin gelap karena tidak ada cahaya,jadi bila anda ingin berkunjung ke gua ini,harap membawa senter atau handphone yang ada lampunya untuk penerang di dalam gua.

Di sekitar gua ini juga terdapat tempat wisata sungai Tambar yang cukup terkenal di Pati selatan.Sungai ini terdapat kikisan batu kapur akibat aliran sungai Tambar sehingga membentuk pemandangan yang indah.Anda juga dapat mandi di sungai ini,karena airnya segar dan bebas pencemaran.

Selain itu di kawasan gua ini terdapat penambangan batu kapur yang tampaknya berasal dari bukit batu kapur,mungkin penambangan yang sudah lama sehingga bukit itu kini bagian tengahnya menjadi dataran rendah.Cukup di sayangkan memang,karena penambangan batu kapur ini bisa merusak lingkungan.

Di kawasan gua Lowo terdapat tempat peristirahatan yang memadai dan juga pohon-pohon yang tinggi nan rimbun jadi bisa membuat anda bisa bersantai sambil menikmati bukit-bukit pegunungan Kendeng yang berjejer.

Gua Lowo berjarak sekira 30 km dari pusat kota Pati kalau di hitung dari jarak terdekat,yaitu melalui jalan Pati-Tambakromo.Bila anda sampai Kecamatan Tambakromo belok ke arah timur dan anda bisa bertanya warga di Tambakromo dimana letak desa desa Godo.

Anda bisa melihat video tempat wisata gua Lowo di atas,bila tidak bisa di tonton secara live,bisa di klik laman link youtube dan ketik judul video di kotak search.

You Might Also Like:

Disqus Comments