-->

Berkunjung Ke Museum Purbakala Patiayam

Museum Purbakala Patiayam berada di desa Terban kecamatan Terban kabupaten Kudus Jawa Tengah.Untuk menjangkau museum ini sangat mudah,kalau dari pusat kota Kudus bisa ambil jalan Pantura jurusan Surabaya atau Pati,setelah masuk kota Jekulo lihat papan reklame di sisi utara jalan masuk pertigaan kira-kira 200 meter dari jalan Pantura.Lokasi museum berada di kiri jalan.

Situs Patiayam merupakan situs manusia purba jaman plestosen yaitu berlangsung antara10.000 sampai 1 juta tahun lalu.Situs ini di kenal sebagai situs manusia purba{hominide}di Indonesia.

Sejumlah fosil binatang purba di temukan penduduk setempat seperti kerbau,gajah,kerang laut,banteng dan tulang-tulang lain.Fosil gading gajah Stegodon Trigonochepalus merupakan primadona  yang kini di simpan di museum PurbakalaPatiayam.Gading gajah purba ini panjangnya mencapai 3,7meter,bisa anda bayangkan betapa besar gajah purba ini.


Dalam museum banyak di simpan fosil purba lainnya,yang bisa hidup di hutan terbuka di antaranya:
Bos{Bibbos},fosil kepala banteng purba{Paleosondaicus},rusa{Cervus Zwaani},rusa Jawa,kijang,antelop Jawa,harimau.
Yang hidup di hutan lebat dan basah di antaranya fosil gajah purba,gajah,badak Jawa,babi.
Fauna yang hidup di dalam air di antaranya kuda nil,kura-kura,buaya muara,buaya sungai.

Selain itu museum ini juga menyimpan perkakas atau peralatan manusia purba seperti kapak.Tidak hanya hewan purba yang di temukan di situs Patiayam,namun juga manusia purba dengan di temukannya gigi geraham dan fragmen atap tengkorak milik Homo Erectus.

Bagi anda sebelum berkunjung ke museum Purbakala Patiayam,ada baiknya lihat video di atas,bila tidak bisa di lihat secara live,bisa klik laman youtube di atas dan tulis judul video di kotak search.

You Might Also Like:

Disqus Comments